PENTINGNYA KEBERSAMAAN

BERITA HARIAN,

PP.MIFTAHUSSAADAH-TAMBAKSELO

aku adalah setetes air di lautan, adaku di ketiadaan samudera maha luas.
nafasku adalah udara yang sekarang engkau hirup. ([email protected])

Hakikat Hidup adalah Kebersamaan, Kebersamaan akan terasa Indah ketika dibarengi dengan sikap Saling Berbagi tanpa pamrih, tanpa ada diskriminasi lagi, tanpa cemoohan yg gak bertanggung jawab, tanpa ada yang merasa tersakiti, apalagi terinjak didalamnya.
Tempat berbagi curhat, share ilmu pengetahuan, berbagi teman/jempol, atau informasi apapun, apa saja yang penting junjung tinggi nilai kebersamaan dan rasa solidaritas antar sesama. Damailah hatimu terlebih dulu, baru Damaikan dirimu pada sesama….

kedudukan kemuliaan hidup adalah sama dan sederajat bagi setiap manusia. Martabat hidup seorang presiden atau rakyat jelata adalah sama. Kehidupan seseoang yang kaya maupun si miskin adalah sama berharganya. Karena itu janganlah kita hanya memperhatikan kehidupan diri sendiri tetapi tidak memperdulikan hidup matinya orang lain. Yang kuat menindas yang lemah, menjatuhkan orang-orang, tidak menyiksakan ruang kehidupan bagi mereka, membagun kehidupan sendiri di atas penderitaan orang lain. Hal ini benar-benar tak bernurani, merampas hak hidup sesama yang telah dilimpahkan Tuhan.kita akan disadarkan bahwa kebersamaan memegang peranan penting untuk mencapai tujuan bersama.

Seperti halnya di Pesantren ini, apapun dilakukan dengan bersama-sama, mulai dari menjalankan kegiatan olahraga, berjama’ah shalat dimasjid, belajar dikelas, belajar malam, ngantri mandi, ngantri makan, ngantri nyetor Ibadah amaliyah dan lain lain. Itu semua tidak terasa karena kita bersama sama.
ketika ada teman yang sedang memiliki masalah, susah dalam memahami pelajaran dan sebagainya,  akan dibantu dan diselesaikan dengan bersama, itulah indahya kebersamaan menjadi Santri di Pondok Pesantren miftahussaadah.

pp. miftahussaadah
safari menuju pulang

Meski penuh kesederhanaan, kehidupan di pondok pesantren bukan berarti jauh dari kebahagiaan. Seperti terlihat di Pesantren miftahussaadah, Tambak Selo, Wirosari, Jawa Tengah.

Para santri terlihat sangat menikmati kebersamaan di tengah kesederhanaan.

tutup kata,

Santri bijak penuh akhlaq.

 

Terkait More from author

Komentar

email anda tidak akan dipublikasikan.